Museum yang satu ini juga populer dengan sebutan Balai Penyelamatan Benda Purbakala “Mpu Purwa” yang untuk saat ini lebih dikenal dengan sebutan Museum Mpu Purwa. Keberadaan museum ini menambah jumlah objek wisata sejarah dan pendidikan di Kota Malang. Aset sejarah dan benda-benda purbakala tersimpan rapi di tempat ini.

Saat ini mungkin jarang orang yang melakukan Kunjungan Wisata Pendidikan Di Museum Mpu Purwa, meskipun lokasinya berada di tempat yang strategis di kota Malang.

Wisata Pendidikan Museum Mpu Purwa di Malang

Museum ini menyimpan berbagai macam benda-benda bersejarah dan memiliki nilai budaya yang tinggi. Berlokasi di jalan Soekarno-Hatta kecamatan Lowokwaru kota Malang, bangunan museum ini didirikan pada tahun 2003 silam. Sayangnya bangunan ini tidak di renovasi dengan optimal karena memang bangunan museum ini dulunya sebuah Sekolah dasar Mojolangu II yang memiliki banyak ruang-ruang.

Karena hal itulah, banyak orang yang tidak mengenali tempat ini sebagai museum benda-benda bersejarah. Padahal tempat ini menyimpan berbagai peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan pada abad VIII Masehi, Zaman pra sejarah, kerajaan singasari, kerajaan maja pahit, Hindu-Budha. Museum ini diperuntukkan untuk khalayak umum yang ingin menimba ilmu dari peninggalan-peninggalan bersejarah yang dikumpulkan di Museum ini.

Fungsi dari museum ini adalah mengumpulkan dan merawat benda-benda bersejarah sekaligus menyajikan dan melestarikan warisan budaya untuk kepentingan masyarakat. Sampai saat ini Balai Penyelamatan Benda Purbakala “Mpu Purwa” memiliki koleksi arca sejumlah 136 yang terdiri dari arca Dewa Siwa, arca Ganesha, arca Resi Guru dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu peninggalan sejarah yang paling istimewa di tempat ini adalah arca Ganesha Tikus, dimana arca tersebut hanya terdapat di Museum ini.

Anda bisa mengunjungi museum ini di hari senin hingga sabtu dari jam 08. 00 Wib sampai jam 16. 00 Wib dan tutup pada hari minggu. Tidak ada tarif masuk untuk berkunjung ke museum ini karena memang museum ini di peruntukkan untuk masyarakat umum yang ingin berwisata sejarah secara Cuma-Cuma.

Dengan adanya Museum ini pemerintah setempat berharap agar masyarakat lebih peduli terhadap sejarah yang dulu pernah ada. Bila anda berkunjung kesana, pastikan bahwa anda tidak merusak benda-benda warisan leluhur itu, untuk kepentingan bersama. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat.

Lokasi: Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *